Potensi Wisata Tebing Lingga

Edi Sukamto 20 Juli 2018 06:06:31 WIB

Desa Nglebo Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu desa  di wilayah kabupaten Trenggalek yang terletak di daerah pegunungan. Walaupan jauh dari kota kabupaten yang ± berjarak 22 KM,  namun memilki wilayah yang sangat strategis. Letak Desa Nglebo hanya berjalarak 1,5 Km dari jalur jalan lintas selatan dan di desa tersebut terdapat jalan poros desa yang menghubungkan atar kecamatan. Selain itu dari potensi alamnya dengan pemandangan yang indah dan asri, udara yang bersih dan air sungainya yang jernih dan suasana pedesaan yang harmoni. Terdapat satu tebing yang berada di tengah tengah desa yang akrab di sebut dengan Gunung Linga/Tebing Lingga. Tebing tersebut mempunyai bayak keunikan dari bentuk tebing yang ramping tapi luas, jenis batuan andesit dengan ketinggian ±360 m dari permukaan tanah pernah dan di kaki tebing mengalir sungai yang jerrnih dan indah. Tebing lingga sering dijadikan arena panjat tebing bahkan dulu pernah dikunjungi oleh KOPASUS untuk melaksanakan panjat tebing.

Dari sedikit uraian tersebut diatas, sangatlah wajar bila keinginan masyarakat dan pemerintah Desa Nglebo Kecamatan Suruh untuk menjadikan Desa Nglebo menjadi salah satu destinasi wisata di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Dan pada Tahun 2018 ini terbentuklah kelompok sadar wisata yang terdiri dari pemerintah Desa, karang taruna, BPD, RT  dan elemen masyarakat yang lain. Kelompok sadar wisata yang selanjunya disebut Pokdarwis terbentuk dimotori oleh pemuda pemudi desa nglebo melalui organisasi karang taruna dan selanjutnya di respon dengan baik oleh Pemerintah Desa, BPD  RT dan elemen masyarakat. POKDARWIS  terbesebut merupakan organisasi sadar wisata di desa nglebo yang bertujuan untuk mewujudkan Desa Nglebo menjadi destinasi wisata .

Dan walaupun melalui proses yang cukup sulit, sampai hari ini sudah terwujud gazebo, tempat permainan anak, mushola. Semoga Pokdarwis bersama pemerintah Desa dan segenap elemen masyarakat bisa terus meneta dan mengembangkan potensi wisata yang ada sehingga Desa nglebo menjadi destinasi wisata yang diperhitungkan.

                                                                                                                            * to be cotinued......

Komentar atas Potensi Wisata Tebing Lingga

DAMURI 06 September 2018 21:07:57 WIB
Alhamdulillah tanahtumpah darahku slkskrg sdh jadi desa wisata

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Nglebo

tampilkan dalam peta lebih besar