Pelestarian budaya Bersih Desa

Edi Sukamto 04 Agustus 2018 22:10:25 WIB

Bersih Desa merupakan warisan budaya luhur yang perlu terus dilestarikan. Untuk itu di Desa Nglebo Kecamatan Suruh, budaya bersih desa menjadi acara rutinan yang dilaksanakan setiap tahun yang tepatnya dilaksanakan pada bulan selo . 

Rangkaian acara  bersih desa,  diawali dengan kegiatan lomba evaluasi dan penilaian kebersihan lingkungan tingkat RT .Untuk mendukung kegiatan tersebut,  Pemerintah Desa Nglebo membentuk tim evaluasi yang  terdiri perangkat  desa dan BPD . Tim tersebut berjumlah 18 orang dan dibagi menjadi 9 kelompok.  Evaluasi kebersihan lingkungan tersebut dilaksanakan pada hari kamis tanggal 2 agustus 2018, dengan cara setiap tim kelompok mendatangi door to door rumah warga yang tersebar di wilayah desa Nglebo dengan jumlah RT sebanyak 18 RT.  Adapun kriteria  penilaian terdiri dari kebersihan rumah , lingkungan, sanitasi tuntas dll. 

Kemudian pada hari sabtu tanggal 4 agustus 2018  di adakan acara sema'an Alquran yang juga menjadi salah satu rangkaian acara bersih desa.  Menjelang sore hari, sekitar jam 15.00,  dilaksanakan ziarah makam ke makam leluhur cikal bakal dan makam kepala kepala desa Nglebo. 

Puncak acara, dilaksanakan doa bersama yang dilaksanakan di balai desa bersama majelis dzikir dan sholawat , dan juga sekaligus penyampaian piagam dan hadiah kepada pemenang lomba evaluasi kebersihan lingkungan tingkat RT serta penyampaian santunan kepada anak yatim. Acara dihadiri oleh bapak camat, BKTM,  Babinsa, lembaga lembaga desa dan warga masyarakat yang kurang lebih berjumlah 350 orang

 

 

 

 

Komentar atas Pelestarian budaya Bersih Desa

Marsudi 09 April 2020 05:15:55 WIB
Budaya yg wajib dan harus kita lestarikan,karena akan menunjang peradapan di desa kita, Mari kita jaga dan kita pertahankan budaya warisan nenek moyang kita atau leluhur kita.
saryanto 01 September 2018 14:55:33 WIB
100 untuk pak admin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Nglebo

tampilkan dalam peta lebih besar